tarian awan

Bismillah.. Emm semakin hari semakin sepi dan hanya alam yang menghiburku disini, dengan tarian - tarian karya koreografi yang tiada duanya di alam semesta Allahu rabbiy. Terkadang aku merenung tersenyum melihat awan - awan yang bergerombol ke utara keselatan bersama.. Tarian awan kan banyak kulihat dikala senja mulai datang.. sungguh theater alam yang sangat menakjubkan..

Kurasa awan juga hidup seperti kita dan ia adalah ciptaan Allah sang maha karya di alam semesta.. awan menari bukan hanya sekedar menari.. tapi tarian awan adalah bentuk ketaatannya kepada sang maha pencipta..

Tidakkah engkau mengetahui bahwa sesungguhnya bertasbih kepada Allah siapa pun yang ada di petala langit dan bumi, dan burung dengan mengembangkan sayapnya. Sungguh setiap sesuatu mengetahui cara shalatnya dan cara tasbihnya masing-masing. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang mereka kerjakan.

Dan kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan kepada Allah-lah kembali (semua makhluk).

Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah- celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung- gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.” [annur 41-43]


subhanalladzi jaalas sahaabata' midrarah wa tarqusu fis samaa'i hurriyah "maha suci Allah yang telah membuat awan lebat bergumpal dan menari di langit dengan bebas.." bagaikan gambar disamping ini.. alangkah bahagianya melihat awan putih bermain dilangit biru yang amat luas di mata kita.. ayat alquran tadi menerangkan betapa awan dan yang lainnya dimuka bumi ini selain manusia juga bertasbih dan beribadah dengan taat padaNYA.. subhanallah... termasuk juga awan yang menari.


Pernahkah terpikirkan oleh kita bahwa kita sering merindukan tarian awan dikala pagi matahari bersinar akan tetapi kita jarang mendapatinya, seperti halnya 2 potret saya dikala matahari terbit:













Ket: satu tempat ditimur asrama saya tinggal, disitu mus lebih sering menjumpai suasana di potret bagian atas dan jarang sekali menjumpai suasana seperti di potret bagian bawah, entah kenapa waallahu a'lam.


Jarang sekali saya menjumpai awan dipagi hari kenapa ya? apa karena awan merupakan kumpulan butir2 air atau partikel2 es dengan diameter 20-50 mikron yang melayang-layang di udara bila ada matahari ya?! mus belum tahu jawabannya.. yang jelas mus selalu mendapati awan dikala siang hari ketika cuaca sedang cerah seperti potret ketika mus liburan di jogja:



Suasana seperti diatas lebih baik dan lebih nyaman daripada harus berselimut dengan debu dan kita tidak bisa melihat awan menari-nari dilangit yang cerah dan membentuk ukiran yang sangat indah.. awan begitu sejuk dipandang mata dan menarik membuat hiasan dilangit. Dan bila kita tidak mendapati awan seperti ketika terkena badai gurun alangkah sedihnya dan tersiksanya kita, sama halnya dengan apa yang mus alami suatu hari di riyadh saudi arabia:
semuanya pekat kuning orange, jarak pandang tidak bisa jauh, dan banyak kecelakaan... ya Allah memang kau benar2 maha pencipta yang tak ada duanya.. amantu bika ya Allah..

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan Bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut, membawa apa yang berguna bagi manusia. Dan air yang diturunkan dari langit, yang dengan air itu Dia hidupkan Bumi sesudah matinya, dan Dia sebarkan di Bumi segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan Bumi; sungguh terdapat tanda-tanda(keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” [Al-baqarah: 164] masya Allah... maha besar Allah akan semua ciptaannya.

Tarian awan dan goresan2nya adalah hal yang sangat menarik untuk dilihat, karya Allah subhanahu wataala... tiada yang mampu menandinginya.. walau secanggih apapun technology saat ini.. lihat saja gambar hasil jepretan mus diatas dan di bawah ini..



































Maha suci Allah yang telah menciptakan bumi dan seisinya yang harus banyak2 kita tadabburi akan keindahannya dan makna yang tersimpan.. awan yang selembut kapas kita pandang bisa menjadi hujan lebat dengan guntur dan kilat menyambar semuanya karena keagungan Allah dan awan sangatlah taat padaNYA tak seperti kita yang terkadang melupakannya dalam tarian keduniaan. Waallahu a'lam bissowab semoga bermanfaat.



musayka 21/04/2009

4 komentar:

Rosid Ridho mengatakan...

terkadang manusia tak menyadari tarian itu sangat berarti,,
merusaknya dengan pemandangan kabut asap limbah dan sebagainya,,...
apakah ini jalan kesombongan pada Nya???

tapi, setidaknya kau mampu melihat tarian itu, saudaraku...
bersyukurlah, karna tak smua orang mampu menceritakan apa yang mereka dari Nya...

musayka mengatakan...

ya begitulah bang rido..
terima kasih sudah mampir,...

najmthree mengatakan...

Subhanallah..Indah luar biasa.
Allah memang Maha Indah..
Menciptakan alam ini dengan segala warna-warninya..
Semoga kita bisa terus belajar dari alam semesta..
Semangat!

ayka mengatakan...

yups semoga kita bisa mempelajari apa yg ada dalam alam raya.. biar kita mensyukuri nikmatnya Allah yang maha akan semuanya..