Adakah Pemimpin Seperti Dia?

Diceritakan bahwasannya kerajaan persi mengirim suatu ketika seorang untuk menemui amirul mukminin Sayyidina Umar bin Khattab. Tatkala ia telah sampai di Madinah dia mencari kerajaan Sayyidina Umar pemimpin orang-orang mukmin saat itu. Lantas lantas ia bertanya pada seseorang: maaf apakah kau tahu istana Umar bin Khattab? Dan seseorang itupun secara kontan menunjukkannya pada sebuah rumah kecil didekat into gerbang madinah. Dan kaget lah dia ketika melihat rumah seorang kholifah tidak meiliki kemegahan, keindahan dan tidak mempunyai singgasana seperti di kerajaan persi. Dengan rasa tak percaya ia berjalan menuju rumah tersebut dan mencari beliau. Lantas ia dapati Sayyidina Umar sedang tidur dibawah bayang-bayang pohon didekat rumahnya tanpa dikelilingi pasukan ataupun pembantu.
Lalu utusan itu berdiri didepan beliau dan berkata:
KAMU ADIL!
KAMU AMAN!
MAKA  KAU TIDUR WAHAI UMAR!
Maksud dari perkataan utusan ini adalah “kamu orang yang adil pada semua kaummu sehingga kau aman-aman saja tidur dibawah pohon tanpa penjaga ataupun pembantu!
Kawan-kawan ini adalah kisah yang kuterjemah sadur dari kitab “alqiroatul mukassafah” hanya sedikit yang aku ambil sebenarnya masih banyak cerita tentang keadilan dan kelembutan beliau Sayyidina Umar bin Khattab. Dan ketahuilah ini kisah sahabat nabi Muhammad, bila sahabatnya saja begini apalagi beliau nabi Muhammad?

Tidak ada komentar: